Cara Mudah Teknik Menggambar

Posted on
  • 10 Des 2012
  • by
  • Budi Susilo
  • in
  • Label:

  • Cara Mudah Teknik Menggambar - Teknik Menggambar 

    Cara Mudah Teknik Menggambar
    Cara Mudah Teknik Menggambar
    Gambar teknik mempunyai beberapa fungsi yaitu :
    (1)   Penyampaian Informasi
    Gambar mempunyai tugas menyampaikan maksud dari perancang dengan tepat kepada pihak lain misalnya perencanaan proses, pembuatan, pemeriksaan dan perakitan produk/ komponen.
    Apabila kita mengamati proses pembuatan produk/komponen mesin, selalu kita temukan gambar. Gambar tersebut digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan bentuk dan ukuran-ukuran produk/komponen mesin yang akan dibuat.

    Simbol-simbol, kode-kode dalam bentuk diagram rangkaian kelistrikan digunakan untuk menyampaikan informasi tentang komponen-komponen kelistrikan, jalur-jalur pengawatan dan sebagainya. Apabila rangkaian kelistrikan digambar dengan gambar aslinya, maka ilustrasinya akan menjadi rumit dan sulit untuk dimengerti.

    (2)     Pengawetan dan Penyimpanan
    Gambar merupakan data teknis yang tepat. Teknologi dari suatu perusahaan dipadatkan dan dikumpulkan pada gambar. Oleh karena itu gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan, tetapi gambar-gambar digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan baru di kemudian hari. Untuk ini diperlukan cara penyimpanan , kodifikasi nomor urut gambar dan sebagainya.

    (3)   Penuangan gagasan dan Pengembangan
    Gagasan-gagasan baru untuk pengembangan pada awalnya masih berupa konsep abstrak yang terlintas dalam pikiran. Konsep abstrak tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk gambar sketsa, kemudian gambar sketsa diteliti, dievaluasi secara berulang-ulang sehingga didapatkan gambar-gambar baru yang sempurna.
    Dengan demikian gambar tidak hanya melukiskan gambar, tetapi berfungsi juga sebagai peningkat daya berfikir, sekaligus untuk penuangan gagasan-gagasan baru untuk pengembangan.

    b) Standar Gambar Teknik
              Standar gambar teknik merupakan suatu keseragaman yang telah disepakati bersama dengan tujuan untuk menghindari salah pengertian dalam komonikasi teknik. Orang-orang terkait dalam bidang gambar teknik perlu mengetahui tentang standar. Orang-orang terkait tersebut antara lain siswa pada kelompok teknologi dan industri, para perencana produk, operator mesin, operator perakitan, mekanik dan pengontrol mutu dari suatu produk/mesin.
              Standar gambar teknik dapat diberlakukan di dalam lingkungan perusahaan, antar perusahaan/industri di dalam suatu negara, bahkan standar gmbar teknik dapat diberlakukan pada industri antar negara yang dikenal dengan Standar Internasional atau disingkat S 1.
              Negara-negara yang sudah membuat standar antara lain :
    (1)  Jepang ( JIS )
    (2)  Belanda ( NEN )
    (3)  Jerman ( DIN )
    (4)  Indonesia ( SII )
    (5)  Standar Internasional ( ISO )
              ISO (Internasional Standardization for organization) bertujuan untuk menyatukan pengertian teknik antar bangsa dengan jalan membuat standar. Standar yang dibuat tersebut kemudian dibawa ke forum internasional dengan tujuan :
    (1)  Memudahkan perdagangan nasional maupun internasional
    (2)  Memudahkan komunikasi teknik
    (3)  Bagi negara-negara berkembang, dapat memberi petunjuk-petunjuk praktis
          pada persoalan khusus dalam bidang teknik. 

    2)   Memahami alat-alat gambar & cara penggunaannya
    Untuk dapat menggambar teknik dengan baik diperlukan alat-alat gambar yang lengkap dan cara menggunakan, membersihkan dan menyimpan alat-alat dengan baik.
          Alat-alat gambar yang bisa digunakan dalam mengambar teknik antara lain :
    a)   Kertas gambar dengan standarnya (ukurannya)
    b)   Pensil, pena atau rapido
    c)   Jangka dan kelengkapannya
    d)   Macam-macam mistar (mistar segitiga, mistar)
    e)   Macam-macam mal

    Bagikan, klik disini

    1 komentar:

    Budi Susilo mengatakan...

    Test Coba. . . .

    Posting Komentar

    Ingat untuk berkomentar yang Sopan ya... ^^

     
    Copyright (c) 2012 E-TEKNIK Modifikasi by : eFTutor Blog
    Supported by : Blogger